Taufiq: Sikap PDIP Tergantung Megawati
Ketua MPR-RI Taufik Kiemas (ANTARA/Widodo Jusuf)
Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Pertimbangan Pusat PDI Perjuangan Taufiq Kiemas mengatakan, PDIP berbeda dari parpol lainnya dalam menentukan sikap berkoalisi atau oposisi dengan menggantungkan diri pada sikap Ketua Umum Megawati Soekarnopuri.

"Kalau kata Ketua Umum belum, ya belum, meskipun Taufiq Kiemas dan Puan Maharani mengatakan sudah," kata Taufiq kepada pers usai bertemu Duta Besar Zimbabwe di DPR RI Senayan Jakarta, Rabu.

Taufik juga membantah asumsi awam bahwa sikap PDIP maju mundur dalam berkoalisi dengan pemerintah, sebaliknya dia mengucapkan terima kasih kepada Megawati karena sudah memberikan kesempatan kepadanya untuk berkomunikasi dengan koalisi pemerintah.

"Di MPR saya bisa berkomunikasi dengan semua pimpinan parpol lain secara harmonis," kata Ketua MPR periode 2009-2014 ini sambil memandang wakil-wakilnya.

Seperti telah disampaikan Sekjen PDI Perjuangan Pramono Anung dan Ketua PDI Perjuangan Puan Maharani, Taufik menegaskan posisi PDIP adalah penyeimbang dan mitra strategis pemerintah di parlemen.

"Kemarin Puan berpesan kepada saya, jika ditanya wartawan bagaimana sikap PDI Pejuangan, agar dijawab sikapnya sebagai penyeimbang dan menjadi mitra strategis pemerintah," katanya. (*)